YaY 10102020

YaY 10102020

It's wedding day!

DSCF3717.jpg

Yana nikah! Yana nikah duluan! Ngeri ndak tuh? 2020 emang penuh kejutan yaa. Yana, yang tadinya koar-koar mau nikah paling terakhir, ternyata nikahnya nomer 2 setelah Dayen. Aku, yang tadinya pengen paling duluan, sekarang malah terlempar ke paling bawah.

Rencananya, Yana nikah di Semarang sama di Bali. Tapi, karena Corona, harus dibatalkan semuanya dan akhirnya nikah di Marburg. Padahal aku udah rencana mau dateng ke yang di Semarang bareng [REDACTED] trus Goci dateng ke yang di Bali bareng [REDACTED].

Pergantian jadwal ini juga lumayan dadakan. Tanggal 24 Juli Yana telfon, ngabarin kalo nikahannya jadinya di Marburg aja. Sebulan kemudian, 24 Agustus, resmi dapet undangannya. Di hari yang sama, dikasih tau juga kalo anak-anak dan aku bakal "dipekerjakan" jadi MUA, fotografer, videografer, pengisi acara. Aku sih excited banget yaa, terutama bagian ngisi acara. Bikin band "baru" bareng Bagas, Ravin, Goci, dan Raras. Secara resmi melupakan band lama yang sudah terbubarkan. Tau lah yaa kenapa.

Sayang sekali, beberapa hari menjelang acara, Musik Ceria harus bubar karena ternyata ndak bisa bikin acara gede. Kasus Corona di Marburg meningkat dan jumlah undangan harus dibatasi. Yasudah emang bukan jatahnya. Jadi tugasku sama anak-anak tinggal MUA dan dokumentasi. Dan merangkap jadi tamu VIP.

Yang bikin deg-degan sebenernya adalah kerjaan jadi fotografernya. Bagas dan aku ndak pernah foto nikahan sama sekali. Jadi, me being me, berusaha banget ngontrol segalanya yang bisa dikontrol biar nanti ndak kacau acaranya dan ndak kacau fotonya. Sampek bikin rundown dan pembagian tugas bareng Bagas. Siapa yang foto Yana, siapa yang foto Yuda. Siapa yang ambil di aisle siapa yang ambil dari samping. Siapa yang nunggu di luar, siapa yang nunggu di dalam. Siapa yang pegang live video, siapa yang pegang perlengkapan cadangan. Semua diatur sejelas mungkin. Jadi, nanti Goci ikut aku ke hotel, Ravin ikut Bagas ke Dach Cafe. Bagas yang nunggu di jalan, aku yang nunggu di dalam. Aku yang di aisle, Bagas yang dari samping.

DSCF3990.jpg

Hari yang dinanti pun tiba. Goci dan aku berangkat lebih pagi karena harus naik kereta ke Marburg, sedangkan Ravin dan Bagas tinggal by-sikil ke Dach Cafe. Di tengah perjalanan, si Goci tetiba aja pengen modol. Di kereta ndak mungkin, karen abiasane toiletnya nggilani. Untungnya, perjalanan dari Giessen ke Marburg cuman 15 menitan, jadi memutuskan untuk ke toilet berbayar di stasiun Marburg aja. Lebih bersih dan nyaman biasanya. Ternyata tidak. Kata pertama yang keluar dari mulut Goci setelah melaksanakan panggilan alam adalah, "Asem tenan". Katanya, toiletnya lumayan bersih. Ternyata setelah masuk, ndak ada cantolan bajunya. Bayangin aja udah pake jas rapi, pake trenchcoat, trus pas dilepas ndak ada tempat buat nggantung. Akhirnya dipegangin sama dia. Eh, pas lagi enak-enak melaksanakan tugas sambil main hp, pintu toiletnya dibuka dong sama orang. Ndak bisa dikunci ternyata, walaupun tulisannya udah "locked". Yaudah deh, tangan satu megangin jas sama coat, sebelahnya lagi nahan pintu. Ndak bisa mainan hp sambil panggilan alam tuh ndak enak.

Tadinya mau tak saranin modol di hotel aja, tapi takutnya mengganggu aktivitas dandan para ciwi-ciwi. Mesti kan pada bolak-balik kamar mandi juga to. Repot. Nanti aku juga susah fotoinnya kalo asistennya ndak hadir langsung. Sambil nunggu Yana selesai didandanin, aku foto bajunya, foto sepatunya, foto aktivitas Raras dan Jofa sebagai MUA. Untungnya ada Jojo, sepupunya Yana, yang ngajarin banyak hal soal foto nikahan. Jadi, sambil Jojo ambil video, sambil mengarahkan dan kasih saran soal apa aja yang harus difoto. Emang kalo yang professional kayak gini tuh beda sama aku yang kaleng-kaleng.

Selain dari fotografi, aku juga belajar banyak hal soal foto nikahan dari dia, utamanya soal ketenangan. Kemaren, karena 1 hal dan yang lain, mantennya sedikit telat. Harusnya, saat lonceng gereja bunyi, Yana udah siap masuk ke dalam gereja. Ternyata kemaren ndak begitu, pemirsa. Lonceng gereja udah bunyi, dan kami masih di hotel semua. Yana otomatis jadi panik dong. Di momen kayak gini nih penting banget ketenangan dari pihak-pihak yang ndak ikutan punya acara, termasuk WO, fotografer, dan teman. Kalo yang ndak ikutan punya acara aja panik, apa ndak nambahin panik si yang punya acara? Bisa-bisa luntur itu dandanannya. Udah cantik gitu lho.

Di gereja, Bagas dan Ravin udah panik karena mantennya ndak dateng-dateng padahal udah kelewat jadwal. Aku jadi ikut panik karena belom ganti sepatu padahal udah mau acara. Sepatuku, yang dibawain sama Ravin, ternyata udah di dalam gereja. Aku mau masuk ke dalam ndak boleh, harus nunggu mantennya masuk dulu baru boleh masuk ke gereja. Yaudahlah pasrah ndak usah ganti sepatu. Untungnya aku pake Stan Smith putih, masih agak masuk lah yaa. Tapi tetep wae diprotes Ibuk karena ndak dipake oxford-nya.

Akhirnya mantennya datang! Dream Team langsung ambil posisi sesuai yang sudah disepakati di briefing singkat. Ravin dan aku jalan mundur di aisle, Ravin yang bawa live streaming dan aku yang foto. Yana, yang jalan digandeng Mamanya, beda banget dari Yana yang biasanya. Anggun. Ndak grusah-grusuh. Ndak urakan. Ndak mendes. Transformasi Yana selama hampir sewindu terakhir nampak jelas banget sih. Dulu sering banget diprotes kan, "Heh Yan, rambutmu lho!", "Mbok anggun dikit kalo jadi cewek!", "Heh, ketawamu lho!". Yana hari itu jadi Yana yang ndak biasanya. Hilang bayangan Yana yang ke mana-mana pake jaket multicolor, celana kargo, sepatu oren kencor-kencor, dan rambut yang kibasannya sakpole.

Sambil jalan di aisle, aku mbrambangi beneran lho. Terharu. Terharu karena ternyata Yana bisa anggun dan terharu karena sodaraku nikah. Nikah duluan. Aku keduluan. Ditinggal nikah. Sek, ini mbrambangi terharu apa mbrambangi karena sakit hati ndak jadi nikah e?

Buat Yana dan Yuda, selamat yaa! Selamat menempuh hidup baru, karena kalo menempuh bentuk baru namanya sunatan bukan nikahan. Aku salut dan bangga dengan kalian berdua, karena menurutku ndak mudah lho buat mengambil keputusan sebesar ini. Keputusan untuk menjalani hidup bersama orang lain. Ndak cuman berbagi nama, tapi berbagi rasa. Ndak cuman berbagi tempat tinggal, tapi juga bahu untuk bersandar. Keberanian untuk bilang, "Ya, kamulah orangnya". Well, I guess it's easier if you're with the right person. Sekali lagi selamat yaa! Semesta memberkati.

Dan juga massive shoutout to Dream Team! Tanpa kalian aku ndak bisa apa-apa dan bakal kebingungan banget harus gimana. Banyak banget belajar dari perjalanan satu malam kita kemaren. Beneran Tim Satu Malam yaa. Yang minat menggunakan jasa kami, bisa langsung kirim surel ke hi@duamataku.com. Dokumetasi bisa, katering bisa, WO bisa, pengisi acara bisa, jadi gandengan buat kondangan juga bisa banget.

Tapi ndak deng, aku sebisa mungkin akan menghindari tawaran untuk foto nikahan lagi. Susah. Berat. Bikin stress. Ini aja kalo bukan sodara sendiri yang minta, aku ndak bakalan mau. Udah gitu kemaren pake acara kehabisan memori segala pula, padahal prosesi belom selesai. Apa ndak tambah stress akunya.

Acara dilanjut dengan after party yang nyari tempatnya susahnya minta ampun gara-gara Corona. Ndak ada yang mau nerima rombongan banyak-banyak. Untungnya dapet, tapi udah lewat jam makan malam jauh. Diakhiri dengan Ravin yang lupa bayar makan dan lupa masker yang nempel di dagunya. Hampir salah turun di stasiun antah-berantah pula. Dasar mabok!